Daftar Makanan Untuk Berbuka Puasa Yang Sehat

Sewaktu bulan ramadhan yang perlu anda catat juga yaitu dari segi makanan termasuk kualitasnya. Dan pastikan tubuh anda mendapatkan nutrisi dari minuman serta makanan saat sahur begitu pula buka puasa.

Sebab setiap minuman dan makanan yang kalian konsumsi selama bulan ramadhan begitu menentukan keadaan kesehatan anda.  

Jadi selain dari pola makan saat buka maupun sahur, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan dengan menu seimbang zat gizinya.

Inilah beberapa makanan yang disarankan bagi anda konsumsi saat ramadhan termasuk ketika buka puasa.


Kurma
Pertama adalah kurma. Kurma kaya akan glukosa, fluktosa, serta kalium yang tinggi hingga 64% lebih tinggi jika disetarakan dengan buah pisang.

Kurma dapat meningkatkan rasa kenyang, jadi bagi anda yang sedang diet dapat mengkonsumsi kurma tanpa perlu khawatir akan makan berlebihan.






Buah ara

Buah ara

Kedua adalah Buah ara. Ditemukan banyak mineral penting yang terkandung dalam buah ara, seperti  magnesium,zat besi, kalium dan kalsium.

Selain itu, buah ara juga kaya akan serat-serat yang baik untuk pencernaan tubuh.

Buah Ara bisa menjadikan pH tubuh yang asam jadi seimbang.


 Madu asli
Madu asli

Ketiga ada Madu asli. Pytochemical dan flavonoid banyak terkandung dalam madu asli yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Madu juga bisa menjadi anti-bakteri sekaligus sumber energi bagi tubuh.

Hal tersebut  terbukti saat pengujian oRAC yang mengungkapkan bahwa madu merupakan makalan alami dengan kandungan anti-oksidan tertinggi di dunia.

Anda bisa menjaga kesehatan tubuh Anda selama bulan Ramadhan dengan mengkonsumsi madu asli sekitar 1-2 sendok makan saat sahur dan berbuka puasa.


Minyak zaitun

Minyak zaitun

Berikutnya ialah Minyak zaitun. Omega 9 serta asam lemak oleat yang terkandung dalam minyak zaitun terbukti dapat menurunkan kolesterol membandel serta mampu meningkatkan kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan anti-oksidan.


Anda bisa mengganti minyak sayur Anda dengan minyak zaitun untuk memasak makanan favorit Anda sewaktu memasak buat hidangan buka puasa.


 Ikan

Terakhir yaitu .Minyak ikan DHA juga EPA dipercaya dapat memperbaiki fungsi otak, mengurangi peradangan serta dapat meningkatkan kesehatan jantung. Untuk itu mengkonsumsi ikan dengan teratur akan memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsi beberapa ikan yang bagus untuk kesehatan tubuh saat bulan puasa seperti ikan tuna, cod, nila maupun ikan salmon.





Demikian daftar makanan untuk berbuka puasa yang sehat bagi anda, dan jangan lupa untuk baca doa buka puasa.